Aturan MPASI terbaru dari WHO

Ada info baru nih dari milis aimi, alhamdulillah ya ikutan milis ini aku jd tau banyak hal, ini ttg panduan MPASI menurut aturan WHO yg terbaru, berikut aku copas dari email bu Sari AFB ya …

Dear All,

seru nih sepertinya banyak yg lagi persiapan MPASI pertama. Brati nanti pada bisa ulangtahun masal ya bayi-bayinya :D #salahfokus

Mungkin ada yg belum baca bbrp minggu lalu @aimi_asi kultwit ttg pedoman MPASI sesuai panduan WHO.

Menurutku, yg paling ‘surprising’ adalah soal tekstur (tidak dimulai dgn tekstur seencer ASI lagi) dan variasi segera (tidak pake 4 days rule lagi).

Dulu Naqiya 1st MPASI akhir 2010, pdh modul pemberian makan WHO baru disosialisasikan awal 2011. Jadi ya sempet langsung ganti ‘strategi’ dadakan sama MPASI-nya Naqiya hehehehe…

Ini aku copas ya kultwitnya. Semoga bermanfaat :)
——

MPASI
Selamat soreeee… Kultwit yuuuuk, banyak pertanyaan ttg #MPASI nih. Enaknya bahas apa ya? *bongkar contekan*

Tau aja deh *towel* RT @SariKailaku: Teaser kelas MPASI baru nih kyknya :P RT Kultwit yuk,byk pertanyaan ttg #MPASI nih. *bongkar contekan*

Baiklah…kita start from the basic ya. Apa sih poin2 penting #MPASI atau Infant and Young Child Feeding?

Poin-poin penting #MPASI antara lain: Age, Frequency, Amount, Texture, Variety, Active/Responsive dan Hygiene. Disingkat jg AFATVAH.

AGE. Artinya, #MPASI diberikan pd saat yg tepat, yaitu usia 6bulan. Kalo kecepetan, resikonya » http://bit.ly/yzdUGc

Kalo telat, resikonya: bayi tdk dpt cukup nutrisi utk prtumbuhan, tum-bang lbh lambat, malnutrisi & defisiensi gizi spt zat besi dll. #MPASI

FREQUENCY. Perhatikan frekuensi pemberian #MPASI. Di awal mulai makan (umur 6bln), 1-2x/hari. Lalu tambah jd 2-3x plus 1-2x mknan ringan

Sjk umur 9bln, berikan 3x makan dan 2x selingan makanan ringan. Umur 1thn ke atas, kasih 3-4x makan dan 2x selingan. #MPASI

AMOUNT. Jumlah makanan tentu harus diperhatiin ya. Pas baru mulai makan, mulai dgn sesuai selera bayi, lalu tingkatkan scr bertahap. #MPASI

Umur 6bln (awal) mulai dgn 2-3 sdm setiap kali makan. Notice your baby’s cues :) #MPASI

Tingkatkan scr bertahap smp setengah mangkok ukuran 250ml utk usia 6-9bln. #MPASI

Stlh umur 1thn, porsi rata-rata 1 mangkok ukuran 250ml. #MPASI

*yang anaknya lg GTM lsg stres* *pukpuk* *tetap semangaaaaattt* *simak terus yak* #MPASI

TEXTURE. Tekstur makanan sangaaaat penting. Anak kan lg belajar mkn, jd hrs bertahap teksturnya sampai bisa jago makan kyk emaknya ;D #MPASI

Tahapan tekstur ini jangan terlalu cepet, tp jgn terlalu lambat juga. Waktu mulai makan umur 6bln, kasih bubur kental atau puree. #MPASI

Jgn terlalu encer atau terlalu kental. Patokannya? Kalo #MPASI nya ditaro di sendok, sendoknya dimiringin, tu puree/bubur gak lsg tumpah.

Stlh mulai makan beberapa minggu, sampai umur 9bln kasih bubur yg lebih kental atau bubur saring. #MPASI

Mulai umur 9bln udah bisa dikasih makanan cincang halus, yang penting tidak keras, dan mudah dijumput anak. #MPASI

Umur 1thn, anak sudah bisa makan makanan keluarga. Cincang jika perlu bagian2 yg sulit dikunyah spt daging sapi. #MPASI

Yang nanya-nanya, sabar ya. Ini mumpung sinyal sehat beresin kultwit dulu :P #MPASI

Mari lanjut. VARIETY. Keberagaman makanan adalah kunci gizi seimbang. Karena gak ada satu pun bhn makanan yg mengandung semua gizi. #MPASI

#MPASI boleh dimulai dgn bubur serealia atau puree buah. Gak usah berantem cuma bahas ginian :P

#MPASI Yg penting, secepatnya kenalkan bhn makanan yg bervariasi. Inget, kebutuhan energi dan zat gizi lainnya meningkat terus, …

… sdgkan cadangan zat besi menurun drastis di usia 6bln. #MPASI

Jd, sjk umur 6bln mulai kenalkan semua variasi makanan: pangan pokok (serealia, ubi2an), buah&sayuran, kacang2an, dan sumber hewani. #MPASI

Jadi, variasi sama di semua umur (alias sevariatif mungkin), yg berubah cuman tekstur dan jumlah+frekuensi yg meningkat. #MPASI

ACTIVE/RESPONSIVE. Pemberian makan secara aktif dan responsif thd bayi/anak. #MPASI

Gak ada lagi yaaaa cerita nyalain tv atau jalan keliling komplek biar anak tinggal mangap dan glek. #MPASI

Respon anak dgn senyum,jaga eye contact, kata2 positif yg menyemangati. Suapin pelan2, sabar, ceria, penuh humor. Biar asik gitu lo. #MPASI

Kasih makanan yg bisa dia pegang (seukuran jari, lunak) jd dia akan ikut makan sendiri. Lah mainan aja masuk mulut apalagi makanan :P #MPASI

Jgn ada distraction ya. Biar anak tetap tertarik sama makanannya. Boleh dipangku kalo dia lbh nyaman, tp jgn gendong jalan2 ya :) #MPASI

Poin penting #MPASI terakhir: HYGIENE alias higienis. Pastikan mknan bebas patogen (cuci tangan, pilih mkann segar, simpan+masak dgn baik).

Pastikan juga #MPASI bebas toksin/racun, tdk ada bahan kimia berbahaya, tdk ada tulang/bag.keras yg bs bikin keselek, tdk panas mendidih.

HYGIENE » RT @as3pram: cuci tangan ibu dan BAYI

Udah yaaa AFATVAH-nya. Doain Mimi ada waktu lg besok, kita bahas tips ngadepin GTM atau contoh menu atau tips buat ibu bekerja :) #MPASI

About these ads

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 56 other followers

%d bloggers like this: